Patung Tari Topeng Cirebon

Diposting pada

Patung Penari Topeng Cirebon terletak di bundaran Jl. Merdeka.

Ada tiga patung penari topeng ditempatkan di sana,Tari Topeng Cirebon merupakan salah satu tarian tradisional asal Cirebon yang konon diciptakan oleh Sunan Gunung Jati.


Seorang abdi dalem Keraton Kasepuhan mengisahkan, ketika Sunan Gunung Jati berkuasa di Cirebon, terjadilah serangan oleh Pangeran Welang dari Karawang. Pangeran ini sangat sakti karena memiliki pedang Curug Sewu.


Melihat kesaktian sang pangeran tersebut, Sunan Gunung Jati tidak bisa menandinginya walaupun telah dibantu oleh Sunan Kalijaga dan Pangeran Cakrabuana. Akhirnya Sultan Cirebon memutuskan untuk melawan kesaktian Pangeran Welang itu dengan cara diplomasi kesenian.


Terbentuk kelompok tari dengan Nyi Mas Gandasari sebagai penarinya. Setelah kesenian itu terkenal, akhirnya Pangeran Welang jatuh cinta pada penari itu dan menyerahkan pedang Curug Sewu itu sebagai pertanda cintanya.
Seiring berjalannya waktu, tarian ini kemudian lebih dikenal dengan nama Tari Topeng dan masih berkembang hingga sekarang. Bentuk pelestarian Tari Topeng tersebut diwujudkan dalam pemasangan tiga penari topeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *