Apa itu penambangan Bitcoin?
Apa itu penambangan Bitcoin?

Apa itu penambangan Bitcoin?

Diposting pada

dropfast.net– Penambangan Bitcoin adalah proses menciptakan Bitcoin baru dengan memecahkan masalah matematika yang sangat kompleks yang memverifikasi transaksi dalam mata uang. Ketika bitcoin berhasil ditambang, penambang menerima jumlah bitcoin yang telah ditentukan.

Bitcoin adalah cryptocurrency yang mendapatkan popularitas luas karena perubahan harga yang liar dan nilai yang melonjak sejak pertama kali dibuat pada tahun 2009.

Karena harga cryptocurrency dan Bitcoin khususnya telah meroket dalam beberapa tahun terakhir, dapat dimengerti bahwa minat dalam penambangan juga meningkat. Tetapi bagi kebanyakan orang, prospek penambangan bitcoin tidak baik karena sifatnya yang kompleks dan biaya tinggi. Berikut adalah dasar-dasar tentang cara kerja Penambangan Bitcoin dan beberapa risiko utama yang harus diperhatikan.

Statistik penambangan Bitcoin:

Apa itu penambangan Bitcoin?
Apa itu penambangan Bitcoin?

Seorang penambang saat ini menghasilkan 6,25 Bitcoin ($250.000 per April 2022) karena berhasil memvalidasi blok baru di blockchain Bitcoin.

Menciptakan Bitcoin mengkonsumsi 143,5 terawatt-jam listrik setiap tahun, lebih dari yang digunakan oleh Ukraina atau Norwegia, menurut Cambridge Bitcoin Electricity Consumption Index.
Dibutuhkan sembilan tahun listrik setara rumah tangga untuk menambang satu bitcoin pada Agustus 2021.

Harga Bitcoin sangat fluktuatif dari waktu ke waktu. Pada tahun 2020, diperdagangkan serendah $4.107 dan mencapai tertinggi sepanjang masa $68.790 pada November 2021. Pada April 2022, itu diperdagangkan sekitar $40.000.

Memecahkan peluang untuk hash: 1 dalam 22 triliun
Amerika Serikat (35,4 persen), Kazakhstan (18,1 persen) dan Rusia (11,2 persen) adalah penambang bitcoin terbesar pada Agustus 2021, menurut Cambridge Electricity Consumption Index.

Apa itu penambangan Bitcoin?
Apa itu penambangan Bitcoin?

Daftar isi:

Memahami Bitcoin
Cara kerja Penambangan Bitcoin
Apakah penambangan Bitcoin menguntungkan?
Bagaimana Anda mulai menambang Bitcoin?
Risiko penambangan Bitcoin
Pajak penambangan Bitcoin

Memahami Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency yang paling populer, yang merupakan media pertukaran digital yang hanya ada secara online. Bitcoin berjalan pada jaringan komputer terdesentralisasi atau buku besar terdistribusi yang melacak transaksi dalam cryptocurrency. Ketika komputer di jaringan memverifikasi dan memproses transaksi, bitcoin baru dibuat, atau ditambang.

Komputer jaringan ini, atau penambang, memproses transaksi dengan imbalan pembayaran dalam Bitcoin.

Bitcoin didukung oleh blockchain, yang merupakan teknologi yang menggerakkan banyak cryptocurrency. Blockchain adalah buku besar terdesentralisasi dari semua transaksi di seluruh jaringan. Kelompok transaksi yang disetujui bersama – sama membentuk blok dan bergabung untuk membuat rantai. Anggap saja sebagai catatan publik yang panjang yang bekerja hampir seperti tanda terima yang sudah berjalan lama. Penambangan Bitcoin adalah proses menambahkan blok ke rantai.

Cara kerja Penambangan Bitcoin

Agar Berhasil menambahkan blok, penambang Bitcoin bersaing untuk memecahkan masalah matematika yang sangat kompleks yang memerlukan penggunaan komputer mahal dan listrik dalam jumlah besar. Untuk menyelesaikan proses penambangan, penambang harus terlebih dahulu sampai pada jawaban yang benar atau paling dekat dengan pertanyaan. Proses menebak nomor yang benar (hash) dikenal sebagai bukti kerja. Penambang menebak hash target dengan membuat tebakan sebanyak mungkin secara acak, yang membutuhkan daya komputasi yang sangat besar. Kesulitan hanya meningkat karena lebih banyak penambang bergabung dengan jaringan.

Perangkat keras komputer yang diperlukan dikenal sebagai sirkuit terpadu khusus aplikasi, atau. ASIC, dan dapat menelan biaya hingga $10.000. ASIC mengkonsumsi listrik dalam jumlah besar, yang telah menuai kritik dari kelompok lingkungan dan membatasi profitabilitas penambang.

Jika Penambang berhasil menambahkan blok ke blockchain, mereka akan menerima 6,25 Bitcoin sebagai hadiah. Jumlah hadiah dipotong setengah kira-kira setiap empat tahun, atau setiap 210.000 blok. Pada April 2022, bitcoin diperdagangkan sekitar $40.000, membuat 6,25 Bitcoin bernilai hampir $250.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.