buah markisa kuning, cara makan buah markisa, khasiat buah markisa, buah markisa hitam,
buah markisa kuning, cara makan buah markisa, khasiat buah markisa, buah markisa hitam,

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Diposting pada

Cirebonshare.com – Buah markisa merupakan salah satu buah yang memiliki beragam rasa. Mulai dari yang manis, asam, dan menyegarkan.

Buah Markisa tergolong kedalam tanaman ge nius passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan berbiji berselaput kuning.

Perlu di ketahui bahwasannya buah markisa memiliki dua jenis buah markisa yang umumnya di temukan di Indonesia. Yaitu markisa ungu dan kuning. Markisa ungu ukurannya lebih kecil dan rasanya lebih manis.

Buah markisa ini memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan. Bukan hanya nutrisi saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

5 Manfaat Buah Markisa

Buah markisa merupakan buah yang rendah kalori dan padat nutrisi. Seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, protein, serat, zat besi, dan kalium.

Selain itu juga buah ini mengandung antioksidan dan beberapa nutrisi lain, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat.

Nah, karena banyaknya nutrisi-nutrisi yang banyak dalam buah markisa ini menjadikan buah ini dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga kadar gula darah

Buah markisa dapat menjaga kadar gula darah. Hal ini karena buah markisa memiliki indeks glikemik rendah.

Selain itu juga, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa juga bewrmanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

2. Menangkal radikal bebas

Buah markisa ini kaya akan antioksidan, seperti polifenol, vitamin C, polifenol, dan piceatannol. Antioksidan di dalam buah markisa ini berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari dampak buruk radikal bebas.

Paparan radikal bebas secara berlebihan dan dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini, penyakit jantung dan juga kanker.

3. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Salah satu antioksidan dalam markisa, yakni beta karoten, mungkin dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Menurut beberapa penelitian, ada kaitan antara pola makan tinggi beta karoten dengan menurunnya risiko kanker payudara dan lambung.

4. Memperlancar buang air besar

Markisa merupakan buah yang mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Jika mengonsumsi dua buah ini bisa mencukupi hampir 30% kebutuhan serat harian Anda.

Oleh karena itu, berkat manfaatnya buah markisa ini bahkan juga kerap di anggap sebagai obat pencahar alami.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol di dalam buah markisa dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Akhir Kata

Inilah ulasan yang dapat kami berikan mengenai Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam buah markisa, serta beberapa manfaat buah markisa. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.