Pengertian Etika Profesi Yang Harus Diketahui!
Pengertian Etika Profesi Yang Harus Diketahui!

Pengertian Etika Profesi Yang Harus Diketahui!

Diposting pada

Cirebonshare.com – Sebagai salah satu profesi penting dalam ranah ekonomi, tentu saja terdapat kode etik di dalamnya yang harus di penuhi.

Prinsip etika ini bertujuan untuk memandu para akuntan agar bisa menjalankan tanggung jawab profesionalnya dengan sangat baik.

Kalian harus memahami bahwasannya etika sebagai profesional yang tepat untuk tahu bagaimana bicara dan bertindak serta mengambil keputusan secara profesional.

Etika profesi titu tidak hanya berlaku bagi satu profesi saja, tetapi juga untuk seluruh profesi pada umumnya.

Sebagai profesional tertentu, dapat ditambahkan aturan etika khusus yang sesuai dengan profesi tersebut.

Prinsip-prinsip Etika Profesi

1. Prinsip tanggung jawab

Semua orang yang profesional wajib bertanggung jawab atas pekerjaan yang di lakukan. Hal ini meliputi hasil pekerjaan tersebut.

Sebagai orang yang berfesional, kalian juga harus siap bertanggung jawab terhadap dampak dari keputusan dan apa pun yang di buat dalam pekerjaan pada kehidupan orang lain dan juga masyarakat umum.

2. Prinsip otonomi

Prpfesional dalam dunia kerja memiliki kebebasan dan wewenang untuk bekerja sesuai dengan profesinya masing-masing.

Hal ini bertujuan agar seorang yang profesional memiliki hak untuk melakukan atau tidaknya sesuatu berdasarkan kode etik yang berlaku.

3. Prinsip keadilan

Prinsip ini mengharuskan seseorang yang profesional harus selalu mementingkan nilai keadilan dalam pekerjaan.

Apapun yang di lakukan harus adil dan di berikan pada siapapun yang berhak, apalagi bagi profesi yang melayani takyat seperti petugas kesehatan, polisi dan lain-lain.

4. Prinsip integritas moral

Integritas moral sangat penting karena merupakan kualitas kejujuran dan prinsip moral yang di lakukan secara konsisten sebagai seorang profrsional.

Manfaat Etika Profesi

1. Sistem kerja yang tertib

Jika semua karyawan sebuah perusahaan menjalankan pekerjaan sesuai dengan etika profesi. Maka tugas akan dapat dilaksanakan dengan tepat dan sesuai.

2.Memastikan profesionalisme

Profesionalisme dalam kerja sangat penting. Hl ini terdengar lumayan menyeramkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui batasan-batasan dan peraturan etika profesional sebagai seorang pekerja.

3. Sistem kerja yang tertib

Jika semua karyawan menjalankan pekerjaannya sesuai dengan etika profesi, maka tugas akan dapat di laksanakan dengan tepat dan sesuai.

4. Meningkatkan produktivitas dan efektivas kerja

Dengan mengikuti pedoman etika yang baik, sebuah perusahaan akan dapat membangun suasana kerja yang nyaman.

Kondisi bisnis yang sedang di jalankan pun akan lebih kondusif dan produktif. Akhirnya pekerjaan menjadi lebbih efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.