Beberapa Contoh Bahan Lunak Untuk Membuat Kerajinan Adalah?
Beberapa Contoh Bahan Lunak Untuk Membuat Kerajinan Adalah?

Beberapa Contoh Bahan Lunak Untuk Membuat Kerajinan Adalah?

Diposting pada

Cirebonshare.comBeberapa Contoh Bahan Lunak Untuk Membuat Kerajinan Adalah? Berikut di bawah ini kami akan kami ulas dengan rinci.

Perlu di ketahui bahwasannya kerajinan tangan bisa di buat dari bahan lunak, secara umum adalah suatu kerajinan bahan daasar bersifat lunak.

Mau dari limbah alami maupun buatan, juga selain memanfaatkan barang bekas tak terpakai, beragam kerajinan bahan lunak juga bisa di jual dan menjadi bisnis sampingan.

Bahan lunak juga terdiri dari dua bahan. Yang pertama bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Seperti berikut ini:

1. Bahan Lunak Alami

Bahan lunak alami berasal dari alam seperti tanah liat, pasir dan serat alam seperti bunga, daun, kulit pohon serta kulit hewan.

2. Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan bisa saja berasal dari sesuatu yang di buat oleh manusia. Seperti, clay, sabun, bubur kertas, fiberglas, gips, spons dan bahan lainnya.

Mengenal Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan

Kerajinan Bahan Lunak Alami

1. Tanah Liat

Tanah liat termasuk kerajinan bahan lunak karena sifatnya yang empuk dan mudah di bentuk. Seperti celengan, patung, dan masih banyak lagi.

2. Bubur Tisu

Bahan lunak ini termasuk kerajinan bahan lunak alami yang di gunakan untuk pelajaran seni. Bubur tisu merupakan penghancuran kertas sampai menjadi bubur ketika di campur dengan air.

Ini juga bisa di jadikan bahan kerajinan dan proses daur ulang kertas yang tidak di pakai. Kalian bisa membuat hiasan dinding, bingkai, gambar bunga dari bahan bubur tisu tersebut.

3. Four Clay

Four clay di buat dari adonan tepung. Adonan in i kemudian di lumat sampai khalis. Kerajinan ini tidak tahan air sehingga mudah rusak. Flour clay ini bisa di warnai memakai pewarna makanan, sehingga bahan ini bisa di buat kerajinan warna warni.

4. Getah kayu

Getah kayu berasal dari pohon kayu nyatu dari Kalimantan. Pohon ini di manfaatkan getahnya untuk membuat karya seni bernilai tinggi.

5. Kulit

Kulit merupakan bahan lunak alami yang terbuat dari berbagai jenis kulit hewan seperti kulit ayam, sapi, ular, hingga kerbau.

Bahan ini dapat di manfaatkan menjadi kerajinan tangan yang berkualitas tinggi. Seperti lukisan, kemoceng, dompet, tas, hingga ikat pinggang.

Kerajinan Bahan Lunak Buatan

1. Gips

Awalnya gips berbentuk bubuk yang dapat mengental ketika di campur dengan air. Adonan gips ini bisa di cetak atau di cor menjadi bahan kerajinan.

2. Plastisin dan Polymer Clay

Polymer clay mengandung minyak dan bisa mengeras ketika kering. Keduanya mudah di bentuk, memiliki warna cerah, dan teksturnya lunak.

3.Lilin dan Parafin

Lilin dan parafin merupakan benda berwujud padat yang bisa mencair ketika di panaskan. Kedua bahan ini bisa di campur untuk aroma pewangi dan relaksasi.

Akhir Kata

Inilah ulasan yang dapat kami berikan mengenai Bahan Lunak Untuk Membuat Kerajinan . Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.