Kaya Akan Nutrisi, Inilah Manfaat Beras Merah Dan Cara Memasaknya
Kaya Akan Nutrisi, Inilah Manfaat Beras Merah Dan Cara Memasaknya

Kaya Akan Nutrisi, Inilah Manfaat Beras Merah Dan Cara Memasaknya

Diposting pada

cirebonshare.com – Kaya Akan Nutrisi, Inilah Manfaat Beras Merah Dan Cara Memasaknya. Kali ini kami akan memberikan pembahasan atau informasi terkait manfaat dari beras merah yang kaya akan nutrisi.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras merah, biasanya mereka yang mengkonsumsi beras merah sedang menjalankan program diet atau juga tengah menerapkan gaya hideu sehat.

Di bandingkan beras putih, beras dengan warna merah ini memang mempunyai kalori lebih rendah bila di bandingkan dengan beras merah.

kandungan Nutrisi pada dalam beras sejenis ini juga cukup tinggi. Maka dari itu, manfaat beras merah sangatlah beragam. Apa saja manfaat dan bagaimana mengkonsumsi atau memasaknya?

Baca juga: Ragam Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Menurut penjelasan di Pasundan Food Techonology Journal, beras merah merupakan beras tumbuk yang bagian sekamnya di pisahkan.

Beras yang satu ini juga mengandung gen yang dapat memproduksi antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan, anti kanker, dan anti glikemik yang tinggi.

Sementara itu, pada laman helosehat. Di ketahui dalam 100 gram beras merah terdapat beberapa Nutrisi semacam 64 gram air, 149 kalori, 2.8 gram serat, dan 6 mg kalsium, juga terkandung 63 mg fosfor.

Selain itu juga tersedia 0,8 mg zat besi, 5 mg natrium, 91,4 mg kalium, 43 mg magnesium, 0,9 mg seng, 0,2 mikrogram tembaga, 1,6 mg Vitamin B3, dan juga 0,6 mg Vitamin B1.

5 Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh

Mengurangi kadar kolestrol

Kolesterol di dalam tubuh jika terlalu tinggi dapat mengganggu kesehatan. Maka dari itu, kadar kolesterol harus di turunkan agar terus dalam kondisi normal.

Untuk menurunkan kolesterol jahat dapat di lakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Beras merah merupakan sumber serat yang dapat di konsumsi setiap hari.

Menagkal radikal bebas

Beras merah dapat menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan. Bahkan menurut Asian Australasian Journal of Animal Sciences mempunyai kandungan antioksidan flavonoid beras merah lebih tinggi di bandingkan denga beras cokelat.

Kandungan antioksidan tinggi inilah yang membuat beras warna merah lebih efektif untuk melawan radikal bebas.

Mencegah risiko penyakkit jantung

Dalam hellosehat. juga di jelaskan bahwa beras merah bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit jantung. Hal tersebut di sebebkan beras warna merah mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan mineral terutama magnesium di beras merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Hal tersebut sesuai penjelasan dalam jurnal Nutrients pada 2017.

Jika tubuh hanya mendapatkan magnesium dalam jumlah yang sedikit, risiko mengalami osteoporisis lebih tinggi. Selain dapat mencegah osteoporisis, magnesium di beras merah dapat mengatasi gangguan tulang dan sendi lainnya.

Mencegah diabetes

Penyakit diabetes di sebabkan oleh kadar gula di dalam darah yang meningkat. Upaya pencegahannya dapat dengan mengkonsumsi makanan rendah gula.

Beras merah merupakan makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah. Indeks ini merupakan skor atau angka untuk menentukan tingkat kecepatan makanan berubah menjadi gula darah.

Cara Memasak Beras Merah

Untuk mengolah beras merah sebenarnya tidak berbeda jauh dengan beras pada umumnya. Hanya saja beras merah mempunyai rasa yang lebih hambar dibandingkan dengan beras putih.

Ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk memasak beras merah agar rasanya tetap nikmat dan nilai gizinya tidak hilang. Seperti yang di jelaskan dalam selerasa, cara memasak beras merah sebagai berikut:

  • Simpan beras dalam kulkas
  • jangan menyimpan beras terlalu lama
  • Rendam beras sebelum di masak
  • Panggang beras merah
  • Setelah matang jangan dulu di sajikan

Itulah beberapa manfaat beras merah yang bisa kalian ketahui. Semoga apa yang kami berikan bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Dapatkan beragam informasi dengan cara mengaktipkan notifykasinya. Dengan begitu kalian akan secara otomatis bisa mengetahui ragam informasi untuk setiap harinya dari cirebonshare.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *