Ragam Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh
Ragam Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

cirebonshare.com – Ragam Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh. Buah Nangka banyak sekali orang yang mengemarinya karena mempunyai rasa yang manis. Selain di konsumsi secara langsung, buang Nangka bisa di jadikan sebagai bahan es teler, hingga gudeg.

Nyatanya, buah Nangka tidak hanya memanjakan lidah dengan rasanya. Buah ini juga mempunyai sejumlah kandungan Nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah Nangka untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Buah Nangka Untu Kesehatan

Mencegah Dan Melawan Kanker

Buah Nangka mengandung zat isoflavon, fitonutrin, lignin, dan saponin yang bisa membantu tubuh mencegah kanker.

Zat-zat tersebut bekerja dengan menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu zat yang menjadi pemicu kanker.

Mencegah Kerusakan Sel DNA

Selain berperan dalam mencegah perkembangan sel-kanker, rutin mengkonsumsi buah nangka juga bisa membantu melindunmgi sel-sel DNA dalam tubuh.

Hal tersebut terjadi karena kandungan antioksidan dalam buah Nangka yang mencegah kerusakan sel-sel DNA karena serangan radikal bebas.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah Nangka berperan sebagai antibakteri, serta memperkuat sistem imunitas pada tubuh.

Jika kekebalan tubuh terjaga dengan begitu baik. Maka tubuh bisa menjadi lebih sehat dan juga terhindar dari serangan penyakit infeksi berbahaya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah Nangka mampu memperlambat aktivitas radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab dari penuaan dini.

Buah yang satu ini juga baik di konsumsi oleh seseorang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dan sering terkena matahari (ultraviolet), polusi juga asap kendaraan.

Untuk menikmati buah Nangka bagi kesehatan, pastikan mengkonsumsi Nangka secukupnya. Sebab, segala sesatu yang berlebihan tidak baik pada akhirnya.

Alih-alih sehat dan mendapatkan manfaat baik dari buah Nangka, kalian justru akan mengidap masalah kesehatan lain, untuk mengetahui seberapa takaran yang dapat kalian konsumsi seiap harinya, ada baiknya berdiskusi langsung dengan dokter.

Selain hanya mengkonsumsi Nangka, kalian juga harus menerapkan pola makan yang sehat bergizi seimbang, dan gaya hidup sehat lainnya guna menunjang kesehatan tubuh.

Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Menjaga pencernaan agar tetap sehat merupakan salah satu manfaat buah Nangka untuk kesehatan tubuh. Kandungan getah pada buah Nangka bisa membersihkan usus dengan baik.

Selain itu juga, getah pada buah Nangka mempunyai kandungan serat yang dapat menghilngkan racun yang terdapat pada sistem pencernaan.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, buah yang satu ini baik di konsumsi seseorang yang tengah menjalankan dietnya.

Perhatian Untuk Pengidap Dibetes

Tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah Nangka, karena rasa manisnya. Pengidap penyakit diabetes di sarankan untuk membatasi jumlah konsumsi harian buah Nangka.

Karean Nangka mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi. Jika di konsumsi terlalu berlebihan, alih-alih sehat, kadar gula darah akan melonjak naik.

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.