Apa Saja Yang Menjadi Tantangan Di Zaman Sekarang Dalam Melakukan Start Up 2022
Apa Saja Yang Menjadi Tantangan Di Zaman Sekarang Dalam Melakukan Start Up 2022

Apa Saja Yang Menjadi Tantangan Di Zaman Sekarang Dalam Melakukan Start Up 2022

Diposting pada

cirebonshare.com – apa saja yang menjadi tantangan di zaman sekarang dalam melakukan start up. Jawaban ini, dapat anda simak di pembahasan kami di bawah ini.

Berbicara tentang Amerika Serikat, India, Kanada dan startup, tampaknya aman untuk menyebut ketiga negara ini Mekah.

Amerika Serikat, India, dan Kanada menempati posisi teratas saat melihat pertumbuhan jumlah startup.

Namun, perkembangan startup di Indonesia tidak boleh di anggap remeh. Berdasarkan perhitungan Startup Ranking, Indonesia menempati urutan ke-5 dalam hal jumlah startup yang di dirikan pada tahun 2019.

Kebanyakan startup harus mati sebelum mereka bisa menghasilkan keuntungan. Ada beberapa tantangan yang kerap menghambat langkah startup Indonesia. Inilah tantangannya!

Sumber Daya Manusia atau Talent

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia dalam hal jumlah sumber daya manusia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), ada 185,34 juta orang usia kerja (15-64 tahun) pada tahun 2020 saja.

Sayangnya, kualitas sumber daya manusia di Indonesia masih tergolong rendah. Jumlah talenta yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah startup juga tidak besar.

Keterbelakangan sistem pendidikan menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia, terutama yang dapat memenuhi kualifikasi start-up.

Meskipun penggunaan teknologi sudah menjadi hal yang lumrah, pendidikan di Indonesia belum memenuhi kebutuhan tenaga profesional yang ahli di bidang komputer.

Product Market Fit

Pendiri startup Indonesia umumnya memiliki ide-ide segar dan cemerlang. Banyak dari mereka yang sangat antusias mewujudkan ide dan gagasannya.

Sayangnya, solusi yang diberikan seringkali tidak sesuai dengan pasar. Banyak startup hanya mengembangkan produk berdasarkan hipotesis.

Product Market Fit adalah ketika sebuah startup menemukan pasar yang cocok untuk produknya. Dalam kondisi ini, startup sudah memiliki pelanggan yang mau membeli dan menggunakan produk.

Mereka juga ingin menyebarkan informasi tentang produk mereka. Ini seringkali merupakan subjek yang sulit untuk dikuasai oleh startup baru.

Investor Investor adalah sumber pendanaan terbesar bagi startup

Masalahnya, tidak banyak investor yang mau berinvestasi di startup. Terlepas dari tingkat risiko yang tinggi, biasanya tidak mungkin bagi para pemula untuk membuktikan bahwa mereka dapat menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, akses ke investor sendiri masih menjadi masalah.

Banyak investor asing ingin berinvestasi di perusahaan rintisan Indonesia, tetapi kebanyakan perusahaan rintisan tidak memiliki akses ke sana.

Funding Startup adalah salah satu perusahaan yang membutuhkan banyak uang. Anda tidak perlu toko fisik, tetapi Anda memerlukan komputer server dengan akses Internet kecepatan tinggi untuk memulai server lainnya.

Belum lagi kebutuhan lainnya, untuk mencapai itu semua membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Sayangnya, akses ke pendanaan dan permodalan masih sulit bagi kebanyakan startup. Pada hari-hari awal startup, Anda dapat beroperasi dengan modal pendiri. Tapi semua ini ada batasnya. Hal ini membuat sebagian besar startup sulit untuk berhasil.

Setiap praktisi startup harus menghadapi semua tantangan di atas. Tidak ada jalan pintas untuk meningkatkan. Tapi bukan berarti tidak ada jawaban.

Bagi para pendiri startup yang ingin memperluas ruang lingkup bisnisnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) menawarkan program Startup Studio Indonesia (SSI).

SSI bertujuan untuk membantu startup digital dan calon pendiri yang telah mencapai tahap pemasaran produknya untuk mengatasi kesulitan memperoleh sumber daya yang berkualitas untuk melakukan pengembangan bisnis.

Program ini dilaksanakan untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya sumber daya yang potensial di mana para pendiri dapat mengakses inovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia.

Siap untuk #GoTheExtraMiles? Kunjungi situs web SSI hari ini untuk informasi lengkap di dalam website cirebonshare.com.

Di dalam sana banyak sekali informasi-informasi yang pening dan menarik tentang bisnis maupun sumber danya manusia (kehidupan).

Terimakasaih selamat bertemu di pembahasan selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *