Ragam Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan
Ragam Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Diposting pada

cirebonshare.com – Ragam Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan. Lengkuas di kenal sebagai Rempah “bumbu dapur” sebagaio cita rasa. Lengkuas bisa di gunakan dalam kondisi segar ataupun kering.

Menurut buku “Hanbook of Herbs an Spices Volume 2”, lengkuas merupakan tanaman asli Indonesia meskipun asal aslinya belum di ketahui. Budidaya sudah berkembang di beberapa wilayah Asia Tenggara dan Selatan.

Menurut informasi tertua terkait penggunaan juga keberadaan lengkuas berasal dari China selatan dan dari tanah Jawa.

Lengkuas segar tidak heran jika sering di kombinasikan dengan bawang putih, bawang merah, cabai dan jahe untuk pasta karl. Sedangkan untuk lengkuas kering mempunyai rasa yang pedas jika di bandingkan dengan lengkuar segar.

Selain sabagai bumbu dapur, manfaat lengkuas untuk kesehatan di gunakan dalam pengobatan artrits reumatold, peradangan, menurunkan batuk, demam, menurut buku “Medicial Plants”oleh Alice Kurlan dan Ashar Sankar.

Baca juga: Sederet Manfaat Kopi Yang Perlu Di Ketahui Secara Umum

5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehata

Adapun manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang berdasarkan sumber terpercaya adalah sebagai berikut:

  • Membantu melawan peradangan

Manfaat yang pertama lengkuas adalah bisa membantu menurunkan peradangan karena kandungan gingerol di yang terdapat di dalamnya.

Gingerol bertugas untuk menghambat sintesis prostaglandin, adalah hormon yang menyebabkan perdangan yang ada di kita.

Sebuah Studi dalam jurnal “Arthritis & Reumatology” meneliti 261 orang dalam osteoartistis lutut. Hasilnya, 63% dari mereka yang mengkonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setaip hari.

  • Mencegah kanker

Kandungan galangin yang terdapat pada lengkuas mempunyai manfaat untuk kanker lambung. Studi tahun oleh Xiaohui Ling, dkk, dalam jurnal “Frontiers in Pharmacology” mengatakn bahwa. Galanmgin menghambat kelangsungan hidup sel kanker lambung.

  • Bisa meningkatkan kesuburan pria

Manfaat lengkuas untuk meningkatkan kesuburan telah di telurusi oleh studi pada hewan. Penelitian oleh Mahta Mazaheri, dkk, yang terbit dalam “Iranian Journal of Reproduktive Medicine” menjelaskan, jumlah sperma dan motilitas menigkatkan pada tikus yang di beri ekstrak akar lengkuas.

Penelitian menyimpulkan bahwa aplikasi ekstrak etanolik dari lengkuas secara signifikan meningkatkan presentase sperma, viabilitas, motilitas, dan hormon testosteron. Hal tersebut berpotensi dalam meningkatkan parameter kesehatan sperma.

  • Mencegah diabetes

Sejumlah polifenol berperan dalam manfaat lengkuas untuk mencegah diabetes. Berdasarkan penelitian yang di lakukan Ramesh Kumar Verma, dkk, dalam jumlah “AYU”, lengkuas mempunyai potensi sebagai agen hipoglekemik dan menunjukan perbaikan yang signifikan dalam kadar glukosa darah.

  • Membantu meredakan asma

Lengkuas dapat membantu meredakan asma karena mengandung 1′-acetoxychavicol asetat (ACA). Menurut studi Joung-Wook Seo, dkk.

Dalam jurnal “PLOS One”, reaksi asma di mediasi oleh jalur imun dan inflamasi yang beragam, kandungan ACA dalam lengkuas berpotensi sebagai obat anti asma.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa 235 juta orang terkena asma, yang merupakan penyakit kronis paling umum di antara anak-anak.

Dari hasil penelitian tersebut, lengkuas di temukan berpotensi untuk membantu meredakan asma. Yang mengalaminya.

Manfaat Lengkuas untuk kulit

Berdasarkan penelitian oleh I Gusti Made Sanjaya, dkk. Dari Universitas Negeri Surabaya dalam jurnal, “Advances in Enginnering Reserach”, manfaat lengkuas untuk kulit di gunakan untuk antiseptik pembersih untuk menjaga kebersihan agar kulit cerah dan halus.

Itulah pmebahasan terkait. Ragam Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang bisa kalian ketahui juga bisa kalian bagikan artikel ini kepada yang lain.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.