Beberapa Pola Gerakan Tari Jaipong yang Wajib Anda Ketahui!
Beberapa Pola Gerakan Tari Jaipong yang Wajib Anda Ketahui!

Beberapa Pola Gerakan Tari Jaipong yang Wajib Anda Ketahui!

Diposting pada

cirebonshare.com – Berikut ini kami akan mengulas informasi mengenai. Beberapa Pola Gerakan Tari Jaipong yang Wajib Anda Ketahui!

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai seni? Jika memang benar, Anda sekarang telah berada dalam artikel yang sangat tepat.

Karena, tentunya saat ini kami akan mengulas Beberapa Pola Gerakan Tari Jaipong yang Wajib Anda Ketahui! Yuk, simak bersama-sama sampai selesai.

Tidak perlu lama-lama lagi mari kita bahas berikut di bawah ini beberapa pola gerakan tari jaipong yang wajib sekali Anda ketahui dengan cara mengamati artikel kami ini.

Tari jaipong merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tari Jaipong juga awalnya lahir di Karawang dan Bandung.

Tarian ini memang memadukan beberapa kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan budaya Ketuk Tilu.

Berbeda dengan tarian tradisional yang lainnya, tari jaipong ini memang memiliki ciri khas yang unik, terutamagerakan Tari Jaipong yang khas dengan keceriaan, erotisme, humanisme, semangat, kesederhanaan dan spontranitas.

Beberapa Pola Gerakan Tari Jaipong

1. Bukaan

Gerak tari jaipong ini merupakan gerakan pembuka. Pada umumnya penari berjalan melingkar dan tampil ddengan menggunakan selendang di leher.

2. Ngala

Gerakan ngala ini merupakan gerakan patah-patah, juga merupakan salah satu gerakan yang membuat tari Jaipong menjadi sangat unik.

3. Pencugan

Gerak pencugan ini merupakan gerak tari yang di iringi musik dan nyanyian yang brtempo cukup cepat. Kemudian gerakan ini juga di lakukan oleh penari yang lincah.

4. Cingeus

Gerakan cingeus ini merupakan tari jaipong yang melenturkan kepala dan badan. Gerakan ini juga merupakan bentuk menunjukan ketangkasan dan keluwesan seorang wanita mengikuti jejak hidupnya.

5. Ngagaleong

Gerakan ini merupakan penekanan pada gerakan mata. Pentingnya gerakan ini adalah perempuan harus berani mengungkapkan pikirannya dan pandai berkomunikasi.

6. Memutar atau Meliuk

Gerakan ini di lakukan oleh penari dengan cara memutar badan mengikuti tempo musik pengiring. Kemudian gerakan ini merepresikan sifat liwes perempuan Sunda dalam menghadapi persoalan hidup.

7. Variasi Gerakan

Tari jaipong memiliki variasi gerakan yang di buat dengan menyesuaikan tempo dan dinamika musik pengiring. Gerakan ini mengekspresikan watak untuk dapat berbaur dengan apa yang terjadi dalam hidup daripada merasa bosan.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan mengenai Beberapa Pola Gerakan Tari Jaipong. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih karena telah membaca artikel kami ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.