Berikut ini Ciri Ciri Teks Berita yang Perlu Anda Ketahui!
Berikut ini Ciri Ciri Teks Berita yang Perlu Anda Ketahui!

Berikut ini Ciri Ciri Teks Berita yang Perlu Anda Ketahui!

Diposting pada

Cirebonshare.comBerikut ini Ciri Ciri Teks Berita yang Perlu Anda Ketahui! Apakah Anda sudah mengetahui apa saja ciri-ciri teks berita?

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui apa itu ciri-ciri teks berita. Sebagian juga mungkin belum mengetahui dan ingin memahami.

Apakah Anda merupakah siswa atau siswi yang sedang di tugaskan untuk mencari ciri-ciri teks berita? Jika memang benar adanya, tepat sekali karena telah berkunjung kedalam artikel kami.

Nah, pada saat ini Anda hanya perlu menyimak apa saja ulasan yang akan kami sampaikan mengenai ciri-ciri teks berita, dan mungkin ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang membutuhkan.

Biasanya, ketika Anda di suruh mencari tugas mengenai ciri-ciri teks berita itu merupakan pelajaran sekolah yaitu Bahasa Indonesia.

Tanpa berpikir panjang lagi. Mari kita simak pembahasan yang akan kita ulas pada saat ini yaitu Ciri Ciri Teks Berita yang Perlu Anda Ketahui!

Tetapi, sebelum kita mengetahui mengenai ciri-ciri teks berita. Apakah Anda sudah mengetahui apa yang di maksud teks berita?

Maka dari itu sebelum kita masuk dan membahas Ciri-ciri teks berita. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud teks berita?

Jelaskan Pengertian Teks Berita?

Apa yang di maksud teks berita? yang di maksud dengan berita adalah suatu laporan yang berisi berita atau peristiwa yang memiliki nilai jurnalistik dan memiliki nilai berita. Bisa juga teks yang melaporkan informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi.

Menurut KBBI, berita memiliki arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang masih hangat. Jadi, dapat di simpulkan bahwa berita merupakan teks berisi informasi yang baru atau sedang terjadi.

Mungkin sebagian para ahli memiliki definisi yang berbeda-beda mengenai pengertian teks berita. Tetapi artinya tetaplah sama. Yaitu sebuah teks atau laporan yang memaparkan suatu berita dan peristiwa.

Jika di lihat berdasarkan cara penyampaiannya, berita di bagi menjadi dua jenis, yaitu di sampaikan secara lisan dan secara tertulis.

Tentu saja penyampaian berita secara lisan memang sering kita dengar dan lihat di televisi, ataupun radio. Sementara itu berita yang di sampaikan secara tertulis dapat kita temukan di media cetak seperti koran, majalah, ataupun internet.

Kemudian Anda juga perlu mengetahui dan memahami apa saja ciri-ciri teks berita. Maka dari itu kami di sini telah menyediakan ciri-ciri teks berita.

Ciri-Ciri Teks Berita

  • Berita harus bersifat objektif dan faktual. Artinya yaitu teks berita harus memberikan sesuatu yang benar-benar terjadi, bukan gagasan penulis atauun opini.
  • Aktual, yaitu merupakan peristiwa yang di beritakan masih baru terjadi, bukan peristiwa lampau.
  • Memberitakan pristiwa yang sedang terjadi, tetapi perlu di garis bawahi bukan berarti peristiwa umum yang sering terjadi.
  • Data yang di bawakan sesuai dengan peristiwa asli, berarti bukan rekayasa.
  • Waktu dan tempat peristiwa harus jelas.
  • Data yang di berikan harus lengkap
  • Bahasa yang di gunakan harus mudah di pahami
  • Data yang harus lengkap, khususnya data penting
  • Bahasa yang di bawakan juga perlu menarik dan dapat memikat hati pembaca
  • Kalimat yang di gunakan singkat, padat, dan jelas
  • Alur peristiwa yang berurutan
  • Judul bisa mewakili isi berita
  • Sumber berita yang valid dan bisa di pertanggungjawabkan
  • Memiliki unsur kata tanya 5W+1H atau ADiKSiMBa

Demikian ulasan yang dapat kami berikan mengenai Ciri Ciri Teks Berita yang Perlu Anda Ketahui! Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari-cari informasi ini.

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.