Kebudayaan Non Benda Adalah? Berikut Penjelasannya
Kebudayaan Non Benda Adalah? Berikut Penjelasannya

Kebudayaan Non Benda Adalah? Berikut Penjelasannya

Diposting pada

cirebonshare.com – Kebudayaan Non Benda Adalah? Berikut Penjelasannya. Mengenai soal arti dari kata non benda yaitu pengetahuan, keterampilan, serta hasil akal budi yang telah beredar di suatu masyarakat.

Hal tersebut merupakan produk karsa yang abstrak (intangible) dan tidak bisa di pegang. Misalnya dari segi bahasa, nyanyian rakyat, pantun, dongeng setempat, dan lainnya.

Untuk di sisi lain, soal kebudayaan yang sangat lazim telah di kenal adalah kebudayaan yang berbentuk benda. Karena, hasil karsa tersebut sudah dapat di lihat mata bahkan sangat mudah untuk di kenali.

Maka sebagai warisan kebudayaan, misalkan prninggalan candi, rumah ibadah kuno, hingga senja tradisional.

Baca Juga: Cara Menggunakan KlikBCA Bisnis dengan VPN Tarumanagara

Jadi Indonesia sangatlah kaya dengan adanya kedua jenis soal kebudayaan tersebut. Baik itu kebudayaan yang berbentuk ataupun non benda.

Menurut informasi dari sensus Badan Pusat Statistik (2010). Bahwa Indonesia telah memiliki lebih dari 300 kelompok etnik, dan 1.340 suku bangsa.

Disetiap identitas kelompok tersebut telah memiliki kebudayaan yang khas masing-masing. Dengan menggambarkan soal keragaman Indonesia yang bhinneka.

Dengan secara depinitif kebudayaan yang telah merupakan kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan. Kesenian, dan adat istiadat.

Dan menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI). Terkait keseluruhan untuk pengetahuan manusia yang sebagai makhluk sosial digunakan supaya memahami lingkungan serta soal pengalamannya yang telah menjadi pedoman tingkah laku sehari-hari.

Baca Juga: Perlu Anda Ketahui Ciri Ciri Hiv Bisa Menular Lewat?

Di antara wujud kebudayaan yaitu gagasan dan perilaku. Dengan sebagaimana telah di sampaikan Koentjaraningrat dalam Pengantar Ilmu Antropologi (2000).

Untuk dua itupun merupakan konsep abstrak yang telah menjadi bagian dari kebudayaan non benda. Jadi, apa saja pengertian dari segi kebudayaan non benda? Anda bisa simak di bawah berikut.

Pengertian Dari Kebudayaan Non Benda

Untuk Organisasi Pendidikan misalnya, Keilmuan, serta kebudayaan atau UNESCO telah mendefinisikan kebudayaan non benda maupun warisan budaya tak benda sebagai praktik, representasi, ekspresi, dan pengetahuan serta keterampilan yang telah di kelompokan sebagai warisan budaya masyarakat.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Rumahan Ide Bisnis Kreatif

Nurfiani Sri Hattari dalam sebuah perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda (2020). Telah menuliskan bahwa kebudayaan non benda itu mengacu pada hasil karya yang bersifat abstrak, bukan merupakan benda, dan di turunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Contoh Kebudayaan Non Benda

Menurut pengertian di atas, bahwa sudah terdapat dengan sejumlah praktik ataupun pengetahuan yang telah dapat di kategorikan sebagai kebudayaan non benda yaitu sebagai berikut.

  • Lagu daerah dan musik tradisional
  • Tari-tarian tradisional, seni pertunjukan, dan masih banyak lagi
  • Cerita rakyat, dongeng, mitos, simbol, ataupun lambang yang tertentu
  • Puisi, pantun, bahasa, hingga isyarat kentongan
  • Teknik, kecakapan, atau keahlian khusus yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya
  • Upacara adat, ritual, festival daerah, dan tradisi yang tertentu
  • Resep kuliner tradisional
  • Pengobatan tradisional, mulai dari opsi penyembuhan, teknik pengobatan, bahan pengobatan, dan sebagainya
  • Kearifan lokal, mulai dari mitigasi bencana (Pengurangan resiko bencana berbasis budaya), konservasi ekologi, penghormatan terhadap orang tua, harmoni kehidupan/toleransi, pantang larang ataupun tebu di suatu masarakat

Untuk tari tradisional yang asli Indonesia. Seperti dari tari tor-tor dari batak, tari saman Aceh, tari piring, hingga tari payung dari Sumatera Barat yang merupakan warisan budaya tak benda.

Baca Juga: Bank Mandiri Internet Bisnis dan Cara Daftar, Syarat Hingga Transfer

Serta ada juga kecakapan yang membuat wayang, pengetahuan soal keris, dan lain sebagainya. Merupakan kebudayaan non benda yang sangat lazim dan telah di temui di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *