Resep membuat petis udang khas Cirebon

Resep membuat petis udang khas Cirebon – Hallo sahabat cirebonshare di sini kami menyediakan seputar informasi mengenai Wisata dan kuliner di seluruh indonesia. Di sini kami tidak hanya membahas wisata dan kuliner saja loh kami juga menyediakan informasi seperti resep makanan, rental dan sewa mobil terbaik di kota anda dan masih banyak lagi. Jadi sahabat cirebonshare terus saja pantau website kami yaitu Cirebonshare.

Nah kali ini kita akan membahas tentang tips dan resep untuk membuat petis udang khas Cirebon simak artiel ini dengan baik.

Advertisements

Petis merupakan salah satu bumbu khas dari Cirebon yang terkenal dengan cita rasanya yang unik dan menggugah selera. Petis ini biasanya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan khas Cirebon. Jika kamu ingin mencoba membuat petis khas Cirebon sendiri di rumah, artikel ini akan memberikan tips dan resep lengkap untuk membuat petis khas Cirebon.

Berikut ini  tips dan resep untuk membuat petis udang khas Cirebon:

  1. Persiapkan Bahan-bahan Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat petis khas Cirebon adalah terasi udang, gula merah, bawang putih, cabai, dan air matang.
  2. Siapkan Alat-alat Alat-alat yang diperlukan untuk membuat petis khas Cirebon adalah wajan, penggorengan, cobek, dan sendok kayu.
  3. Proses Pembuatan Petis Langkah pertama dalam membuat petis adalah menyiapkan terasi udang. Sangrai terasi udang dalam wajan hingga warnanya menjadi cokelat kehitaman dan tercium aroma yang harum. Kemudian, uleg terasi udang yang sudah disangrai dalam cobek hingga halus. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan, cabai merah, dan gula merah. Aduk rata hingga merata.
  4. Penambahan Air Matang Selanjutnya, tambahkan air matang ke dalam campuran terasi udang, gula merah, bawang putih, dan cabai. Aduk rata hingga merata. Pastikan konsistensi petis cukup kental.
  5. Penggorengan Panaskan penggorengan dan goreng petis yang sudah dicampur dengan air hingga matang dan berwarna kehitaman.
  6. Penyimpanan Setelah matang, dinginkan petis dan simpan dalam wadah kedap udara. Petis dapat disimpan hingga beberapa minggu jika disimpan dengan benar.
  7. Tips Membuat Petis Untuk mendapatkan rasa petis yang lebih enak, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang berkualitas baik, seperti terasi udang yang segar dan gula merah yang berkualitas. Selain itu, pastikan konsistensi petis cukup kental, agar dapat digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan.

Gimana sahabat cirebonshare tentang tips dan resep untuk membuat petis udang khas Cirebon yang kita berikan membantu bukan? Semisalnya membantu kalian bisa terus pantau website kami yaitu Cirebonshare. Sekian informasi dari kita See you next time.